Fungsi dan tujuan Evaluasi Pendidikan
1.
Fungsi evaluasi pendidikan
Secara umum,
evaluasi mempunyai tiga fungsi, yaitu:
a.
Mengukur
kemajuan
b.
Menunjang penyusunan rencana
c.
Memperbaiki
atau melakukan penyempurnaan kembali
Secara khusus,
fungsi evaluasi pendidikan dapat dilihat dari tiga segi, yaitu:
a.)
Segi
psikologis
Secara
psikologis, evaluasi pendidikan dapat disorot dari dua sisi, yaitu:
1.
Bagi
peserat didik
Yaitu
memberikan pedoman atua pegangan batin kepada siswa untuk mengenal kapasitas
dan status dirinya masing-masing ditengah-tengah kelompok atau kelasnya.
2.
Bagi
pendidik
Yaitu
memberikan kepastian atua ketetapan hati kepada diri pendidik , sudah sejauh
mana kiranya usaha yang telah dilakukannya selama ini telah membawa hasil,
sehingga ia bisa menentukan langkah-langkah untuk selanjutnya (kedepannya).
b.)
Segi
dedaktik
Secara
dedaktik, evaluasi pendidikan dilihat dari 2 sisi, yaitu:
1.
Peserta
didik
Yaitu dapat
memberikan dorongan (motivasi kepada siswauntuk dapat memperbaiki,
meningkatkan, dan mempertahankan prestasinya.
2.
Pendidik,
secara dedaktif evaluasi pendidikan mempunyai lima macam fungsi, yaitu:
a.
Memberikan
landasan untuk menilai hasil usaha (prestasi) yang telah dicapi oleh siswa.
b.
Memberikan
informasi yang berguna, untuk mengetahui posisi masing-masing siswa
ditengah-tengah kelompok.
c.
Memberikan
bahan yang penting untuk memilih dan kemudian menentukan status siswa.
d.
Memberikan
pedoman untuk mencari dan menemukan jalan keluar bagai siswa yang memerlukan.
e.
Memberikan
petunjuk tentang sudah sejauh manakah program pengajaran yang telah ditentukan
telah dapat dicapai.
c.)
Segi
administratif
Evaluasi pendidikan mempunyai tiga macam fungsi, yaitu:
1.
Memberikan
laporan
Yaitu dapat disusun dan disajikan laporan mengenai kemajuan dan
perkembangan siswa setelah mengikuti pembelajaran dalam jangka tertentu.
2.
Memberikan
bahan-bahan keterangan (data)
Yaitu data dalam evaluasi penting untuk pengambilan keputusan
pendidikan dan lembaga pendidikan.
3.
Memberikan
gambaran
Yaitu gambaran mengenai hasil-hasil yang telah dicapai dalam proses
pembelajaran.
2.
Tujuan
evaluasi pendidikan
a.
Tujuan
umum, yaitu:
1.)
Untuk
memperoleh data pembuktian, yang akan dijadikan petunjuk diamana tingkat
kemapuan dan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan kurikuler, setelah proses
pembelajaran dalam jangka waktu tertentu.
2.)
Untuk
mengetahuai tingkat efektifitas dari metode-metode pengajaran yang telah
diguanakan dalam proses pembelajaran selama jangka waktu tertentu.
b.
Tujuan
khusus, yaitu:
1.
Untuk
merangsang kegiatan siswa dalam menempuh program pendidikan.
2.
Untuk
mencari dan menemukan factor-faktor penyebab keberhasilan dan ketidak
berhasilan siswa dalam mengikuti program pendidikan, sehingga dapat dicari dan
ditemukan jalan keluar atau perbaikannya.
0 komentar:
Posting Komentar