Minggu, 13 September 2015

Fungsi dan tujuan Evaluasi Pendidikan

3:02 PM

Fungsi dan tujuan Evaluasi Pendidikan


1.      Fungsi  evaluasi pendidikan
Secara umum, evaluasi mempunyai tiga fungsi, yaitu:
a.       Mengukur kemajuan
b.      Menunjang  penyusunan rencana
c.       Memperbaiki atau melakukan penyempurnaan kembali
Secara khusus, fungsi evaluasi pendidikan dapat dilihat dari tiga segi, yaitu:
a.)    Segi psikologis
Secara psikologis, evaluasi pendidikan dapat disorot dari dua sisi, yaitu:
1.      Bagi peserat didik
Yaitu memberikan pedoman atua pegangan batin kepada siswa untuk mengenal kapasitas dan status dirinya masing-masing ditengah-tengah kelompok atau kelasnya.
2.      Bagi pendidik
Yaitu memberikan kepastian atua ketetapan hati kepada diri pendidik , sudah sejauh mana kiranya usaha yang telah dilakukannya selama ini telah membawa hasil, sehingga ia bisa menentukan langkah-langkah untuk selanjutnya (kedepannya).
b.)    Segi dedaktik
Secara dedaktik, evaluasi pendidikan dilihat dari 2 sisi, yaitu:
1.      Peserta didik
Yaitu dapat memberikan dorongan (motivasi kepada siswauntuk dapat memperbaiki, meningkatkan, dan mempertahankan prestasinya.
2.      Pendidik, secara dedaktif evaluasi pendidikan mempunyai lima macam fungsi, yaitu:
a.       Memberikan landasan untuk menilai hasil usaha (prestasi) yang telah dicapi oleh siswa.
b.      Memberikan informasi yang berguna, untuk mengetahui posisi masing-masing siswa ditengah-tengah kelompok.
c.       Memberikan bahan yang penting untuk memilih dan kemudian menentukan status siswa.
d.      Memberikan pedoman untuk mencari dan menemukan jalan keluar bagai siswa yang memerlukan.
e.       Memberikan petunjuk tentang sudah sejauh manakah program pengajaran yang telah ditentukan telah dapat dicapai.
c.)    Segi administratif
Evaluasi pendidikan mempunyai tiga macam fungsi, yaitu:
1.      Memberikan laporan
Yaitu dapat disusun dan disajikan laporan mengenai kemajuan dan perkembangan siswa setelah mengikuti pembelajaran dalam jangka tertentu.
2.      Memberikan bahan-bahan keterangan (data)
Yaitu data dalam evaluasi penting untuk pengambilan keputusan pendidikan dan lembaga pendidikan.
3.      Memberikan gambaran
Yaitu gambaran mengenai hasil-hasil yang telah dicapai dalam proses pembelajaran.

2.      Tujuan evaluasi pendidikan
a.       Tujuan umum, yaitu:
1.)    Untuk memperoleh data pembuktian, yang akan dijadikan petunjuk diamana tingkat kemapuan dan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan kurikuler, setelah proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu.
2.)    Untuk mengetahuai tingkat efektifitas dari metode-metode pengajaran yang telah diguanakan dalam proses pembelajaran selama jangka waktu tertentu.
b.      Tujuan khusus, yaitu:
1.      Untuk merangsang kegiatan siswa dalam menempuh program pendidikan.
2.      Untuk mencari dan menemukan factor-faktor penyebab keberhasilan dan ketidak berhasilan siswa dalam mengikuti program pendidikan, sehingga dapat dicari dan ditemukan jalan keluar atau perbaikannya.


Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 Kumpulan Makalah. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top